SKENARIO
RAPAT
PENERIMAAN
PESERTA DIDIK BARU
Moderator : Selamat pagi,
Assalamualaikum, Wr.Wb. terima kasih atas kehadiran
perwakilan Bapak-Ibu guru sekalian yang mau meluangkan waktu
demi mensukseskan program kerja tahunan sekolah kita, SMKN 1
Lumajang yaitu penerimaan siswa baru 2017. Maka dari itu, saya
serahkan kepada Bapak Kepala Sekolah untuk melanjutkan
pembahasan program ini untuk waktu dan tempat kami persilahkan.
perwakilan Bapak-Ibu guru sekalian yang mau meluangkan waktu
demi mensukseskan program kerja tahunan sekolah kita, SMKN 1
Lumajang yaitu penerimaan siswa baru 2017. Maka dari itu, saya
serahkan kepada Bapak Kepala Sekolah untuk melanjutkan
pembahasan program ini untuk waktu dan tempat kami persilahkan.
Kepala Sekolah : Terima kasih dari Bapak Suyadi
selaku moderator memberikan ke
sempatan ini, lewat rapat ini semoga Bapak/Ibu guru dapat mengerti|
apa itu penerimaan peserta didik baru. Seperti yang kita ketahui
bersama bahwa miinggu depan adalah akhir dari masa studi untuk
kelas XII di sekolah ini maka dari itu program tahunan yang biasa
kita lakukan setiap tahun ajaran baru, untuk itu apa ada yang
disampaikan mengenai program ini?.
sempatan ini, lewat rapat ini semoga Bapak/Ibu guru dapat mengerti|
apa itu penerimaan peserta didik baru. Seperti yang kita ketahui
bersama bahwa miinggu depan adalah akhir dari masa studi untuk
kelas XII di sekolah ini maka dari itu program tahunan yang biasa
kita lakukan setiap tahun ajaran baru, untuk itu apa ada yang
disampaikan mengenai program ini?.
Guru A : Begini pak, dalam
setiap tahun ajaran baru kita sering melakukan
kegiatan tersebut sedangkan saya sendiri tidak tahu apa pentingnya
penerimaan peserta didik baru bagi sekolah ini?.
kegiatan tersebut sedangkan saya sendiri tidak tahu apa pentingnya
penerimaan peserta didik baru bagi sekolah ini?.
Kepala Sekolah : Adanya pergantian siswa setiap
tahun ajaran baru akan berdampa
pada kemajuan sekolah ini karena bibit-bibit baru ini memiliki
potensi dan bakat yang baru yang nantinya diharapkan dapat
mengharumkan nama sekolah ini.
pada kemajuan sekolah ini karena bibit-bibit baru ini memiliki
potensi dan bakat yang baru yang nantinya diharapkan dapat
mengharumkan nama sekolah ini.
Guru B : Pak untuk prosedur
dalam penerimaan peserta didik baru
apakah
seperti prosedur tahun-tahun sebelumnya?.
seperti prosedur tahun-tahun sebelumnya?.
Kepala Sekolah : Kita sesuaikan saja dengan prosedur
sebelumnya hanya pada tahun
ini kita lebih dalam menentukan kriteria calon peserta didik baru
sesuai dengan kurikulum 2013.
ini kita lebih dalam menentukan kriteria calon peserta didik baru
sesuai dengan kurikulum 2013.
Guru B :
Kriteria apa yang lebih diunggulkan atau diutamakan pak? Apakah
nilai yang tinggi?.
nilai yang tinggi?.
Kepala Sekolah :
Sesuai dengan program kurikulum 2013, kriteria yang lebih diunggulkan
yakni sikap dan perilaku bukan hanya kepada nilai yang tinggi jadi dalam
menyelenggarakan seleksi peserta didik nanti saya harap kepada panitia
lebih ketat dalam penyelnggaraan tes agar nampak kejujuran dari masing-
masing calon peserta didik baru.
yakni sikap dan perilaku bukan hanya kepada nilai yang tinggi jadi dalam
menyelenggarakan seleksi peserta didik nanti saya harap kepada panitia
lebih ketat dalam penyelnggaraan tes agar nampak kejujuran dari masing-
masing calon peserta didik baru.
Guru B :
Baik pak kami akan memaksimalkan peluang ini, oh ya pak untuk yang
bertugas tahun ini apakah tetap seperti dulu?.
bertugas tahun ini apakah tetap seperti dulu?.
Kepala Sekolah :
Saya serahkan kepada waka kesiswaan untuk menangani panitia
penerimaan peserta didik baru tahun ini.
penerimaan peserta didik baru tahun ini.
Waka Kesiswaan :
Baik pak terima kasih atas kepercayaannya kepada kami, kami akan
membentuk panitia lewat voting siapa yang bersedia untuk menjadi
panitia sehingga tidak menjadi beban kepada guru yang terpaksa.
membentuk panitia lewat voting siapa yang bersedia untuk menjadi
panitia sehingga tidak menjadi beban kepada guru yang terpaksa.
Kepala Sekolah :
Ide bagus dari waka kesiswaan, saya setuju dengan usul tersebut.
Guru A :
Untuk masalah dana bagaimana pak?.
Bendahara Sekolah :
Kami sudah mempersiapkan dana untuk kegiatan penerimaan peserta
didik baru tahun ini semoga sesuai dengan yang direncanakan.
didik baru tahun ini semoga sesuai dengan yang direncanakan.
Waka Sarpras :
Begini pak, jika ada penambahan peserta didik baru sarana dan prasarana
yang kita miliki semakin berkurang untuk itu apakah ada dana untuk
mencukupi dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah berkaitan
dengan adanya penerimaan peserta didik baru ini.
yang kita miliki semakin berkurang untuk itu apakah ada dana untuk
mencukupi dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah berkaitan
dengan adanya penerimaan peserta didik baru ini.
Kepala Sekolah :
Waka sarpras bisa langsung menghubungi bendahara sekolah dana
sudah disiapkan untuk kegiatan tahun ini dan nantinya diharap melaporkan
hasil dari pengadaan sarpras sekolah.
sudah disiapkan untuk kegiatan tahun ini dan nantinya diharap melaporkan
hasil dari pengadaan sarpras sekolah.
Guru C : Jadi
fungsi utama dari penerimaan peserta didik baru ini apa pak?.
Kepala Sekolah :
Kita pihak sekolah selain dapat menjalin kerja sama dengan wali murid
kita
akan menghasilakan calon penerus bangsa melalui calon peserta didik ini,
kita dapat membina mereka agar nantinya menjadi penerus bangsa yang
sesuai dengan yang diharapkan.
akan menghasilakan calon penerus bangsa melalui calon peserta didik ini,
kita dapat membina mereka agar nantinya menjadi penerus bangsa yang
sesuai dengan yang diharapkan.
Guru A : Lalu
tujuan diadakan penerimaan peserta didik baru ini apa pak?.
Kepala Sekolah :
Tujuannya selain untuk membina potensi yang ada pada calon peserta
didik baru dan dapat merealisasikan dana APBN dan APBD yang
disediakan oleh pemerintah. Apakah ada yang ditanyakan lagi mengenai
program penerimaan peserta didik baru tahun ini? Jika tidak ada saya rasa
sudah cukup rapat kali ini untuk itu saya kembalikan kepada moderator.
didik baru dan dapat merealisasikan dana APBN dan APBD yang
disediakan oleh pemerintah. Apakah ada yang ditanyakan lagi mengenai
program penerimaan peserta didik baru tahun ini? Jika tidak ada saya rasa
sudah cukup rapat kali ini untuk itu saya kembalikan kepada moderator.
Moderator : Terima
kasih Bapak Kepala Sekolah untuk selanjutnya silahkan kepada
notulis untuk membacakan hasil rapat kali ini.
notulis untuk membacakan hasil rapat kali ini.
Notulis :
Terima kasih atas waktu yang diberikan moseraator saya akan membacakan
hasil rapat kali ini.
hasil rapat kali ini.
Moderator : Terima
kasih kepada notulis yang telah membacakan hasil rapat kali ini,
dengan demikian rapat penyelanggaraan penerimaan peserta didik baru
saya tutup jika ada kesalahan tutur kata saya mohon maaf sebesar-besarnya.
Assalamualaikum wr.wb.
dengan demikian rapat penyelanggaraan penerimaan peserta didik baru
saya tutup jika ada kesalahan tutur kata saya mohon maaf sebesar-besarnya.
Assalamualaikum wr.wb.
NOTULEN RAPAT
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SMKN
1 LUMAJANG
Hari dan
Tanggal : Senin, 9 Maret 2016
Waktu : 08.00 s.d selesai
Materi
Rapat : Penerimaan peserta didik baru tahun ajaran
2016
Pimpinan
Rapat : Sunadar, selaku kepala sekolah SMKN 1
Lumajang
Notulis : Sri Masita
Jumlah
Peserta : 9 orang
Pokok
Bahasan :
1.
Tujuan
diadakan penerimaan peserta didik baru.
2.
Langkah-langkah
dalam penerimaan peserta didik baru.
3.
Dana
yang digunakan dalam penerimaan peserta didik baru.
4.
Fungsi
adanya kegiatan penerimaan peserta didik baru.
5.
Pentingnya
penerimaan peserta didik baru.
Hasil
Pembahasan :
1.
Tujuan
diadakan penerimaan peserta didik baru yaitu untuk membina potensi dari calon
peserta didik baru dan merealisasikan dana APBN dan APBD dari pemerintah untuk
pendidikan.
2.
Prosedur
yang digunakan sama seperti tahun lalu hanya dalam tahun ini lebih ketat dalam
melakukan seleksi calon peserta didik baru.
3.
Dana
sudah disiapkan oleh bendahara sekolah untuk kegiatan penerimaan calon peserta
didik baru.
4.
Adanya
penerimaan peserta didik baru berfungsi untuk menjalin kerjasama antara pihak
sekolah dan wali murid.
5.
Adanya
penerimaan peserta didik baru akan berdampak kepada kemajuan sekolah dengan
adanya potensi dan bakat yang baru dari calon peserta didik baru.
Lumajang,
9 Maret 2016
Notulis
Sri
Masita
INSTRUMEN
RAPAT
PENERIMAAN
PESERTA DIDIK BARU
SMKN
1 LUMAJANG
No
|
Peryataan
|
Pemahaman
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Peserta
rapat mengerti akan pentingnya program penerimaan peserta didik baru
|
|
|
2
|
Para
peserta rapat memahami langkah-langkah dalam penerimaan peserta didik baru
|
|
|
3
|
Peserta
rapat berperan aktif dalam penentuan kriteria peserta didik baru
|
|
|
4
|
Dalam
penentuan panitia penerimaan peserta didik baru para peserta rapat dapat
memahami
|
|
|
5
|
Peserta
rapat mengetahui tugas-tugasnya dalam penerimaan peserta didik baru
|
|
|
6
|
Peserta
rapat mengetahui sumber dana yang akan digunakan untuk proses penerimaan
peserta didik baru
|
|
|
7
|
Peserta
rapat memahami tujuan diadakannya penerimaan peserta didik baru
|
|
|
8
|
Peserta
rapat memahami tujuan diadakannya penerimaan peserta didik baru
|
|
|
0 komentar
Posting Komentar